Tags

, , ,

Agen travel disini bukan agen travel yang gila keuntungan ya, haha..
Harganya harga urunan dan harga teman. Yap, agen travel disini dimaksudkan untuk para event organizer yang sering mengurus perjalanan bareng se-gengnya. Apa suka dukanya? Yuk simak tips trik berikut ini..

1. Tentukan teman yang ikut dulu atau destinasinya dulu?
Kalo saya, lebih suka memilih destinasi dulu. Karena berdasarkan pengalaman, kali mengumpulkan teman-teman yang mau travellung banyak, tapi nanti saat eksekusinya pasti pas menentukan destinasinya rame, karena banyak kepala yang pengen kesana, pengen kesitu. Lebih baik, tentukan destinasi, siapa yg mau ikut, ayo!
2. Tentukan waktunya
Apakah weekend, libur nasional, atau liburan semester? Pastikan tanggalnya juga. Ingat, jangan hobi mengganti tanggal perjalanan. Kalo bisa pastikan juga sebelum memilih teman, akan sangat sulit bila waktu travelling kita diundur dimajuin dg sesuka hati oleh karena satu dua orang teman kita.
3. Tentukan transportasi, akomodasinya selama perjalanan
Pastikan, siapa saja teman yang ikut akan menentukan transport yang seperti apa yang dikehendaki. Apakah yang nyaman dan mahal ala koper atau nekatan dan murah ala backpacker. Teman menentukan jenis transport dan akomodasi anda brow!
4. Tentukan budgetnya
Nah ini masalah krusial, pastikan dengan matang berapa biaya yang harus dikeluarkan, baik dari transport, akomodasi, konsumsi, tiket masuk dsbnya. Jangan sampai setelah anda mengumumkan sesuatu harga lalu anda menaikkan harga anda sesuka hati. Itu bisa berakibat pada berkurangnya penumpang brow. Pastikan semua harganya dan jangan lupa naikkan harganya. Semisal budgetnta 900.000 untuk 10 org. Jangan anda beri budget 90.000/org. Kalau ada apa2, anda bisa tekor, karena tidak enak menarik uang lagi. Lebih baik lebihkan menjadi 100.000-125.000/org, lalu jika ada sisa dikembalikan. Itu lebih fair dan jangan lupa masalah keuangan harus terbuka.
5. Hati-hati dengan penumpang terakhir
Berdasarkan pengalaman penulis, biasanya jika ada kuota sebanyak 6 orang, maka biasanya penumpang ke 5-6 itu kebanyakan diisi oleh orang-orang yang rawan PHP. Why? Entahlah pasti ada yang tiba-tiba mendadak membatalkan janji atau sebagainya karena suatu alasan. Jangan takut, usahakan budget yg anda susun jg mampu menampung jika ada kehilangan peserta sebanyak 1-2 orang. Pastikan itu baik-baik!
6. Show must goes on
Apapun yang terjadi, jika transport, akomodasi, dan segala hal sudah dipersiapkan dengan baik, namun ada kendala di sana sini, tak masalah, hadapi saja. Anggap saja hal-hal tersebut akan mewarnai perjalanan anda dan menjadi suatu kisah lika liku perjalanan travelling anda yang berkesan.
Lets go travelling😀