Tags

, , ,

Sering dengar kata-kata seperti ini dari sohib anda?
Biasanya kata “ajak aku.. Ajak aku” atau “aku kog gak diajak” ini akan melekat pada kita yang memiliki hobi kumpul-kumpul atau jalan-jalan bareng. Lebih sulit lagi jika kita memiliki teman yang cukup banyak..

Nah, permasalahan dengan acara jalan-jalan ataupun sekedar nonton bareng yang sederhana, tak jarang bikin sebagian merasa “aku kog gak pernah diajak ya?” nah lo! Dan sering membuat iri teman lain yang kebetulan tidak kita ajak. Apalagi kita dengan asyiknya berbagi lewat facebook, twitter, instagram, line, whatsapp, foursquare, path dan segalanya bahwa kita sedang berkumpul dengan teman-teman lain.

Susah juga kan?
Karena itu ada baiknya anda mengikuti tips dan trik berikut ini..
1. Ajaklah teman-teman yang sering meminta untuk diajak, dalam acara skala kecil, semisal nongkrong di mall, belajar bareng ataupun hanya sekedar nonton bareng. Karena dg acara kecil tsb kita bisa menilai bagaimana tingkat loyalitas dan keaktifan dalam bergabung dengan anda.

2. Pilah-pilahlah mereka dalam jangkauan ring-ring ajakan.
Semisal ring 1 : yang selalu datang dalam setiap acara, bahkan hadir tpat waktu
Ring 2 : yang datang beberapa kali, terkadang telat, namun selalu mengusahakan ikut tergantung jadwal yang dia miliki

Ring 3 : hanya sesekali ikut, tapi sering meminta untuk diajak jika ada acara, dan pernah tiba-tiba membatalkan tidak jadi ikut

Ring 4 : tidak pernah ikut namun meminta untuk diajak

Dari hasil pilah memilah ini, anda bisa menentukan urutan jarkom ajakan, jika anda ingin mengajak ke skala acara besar.

3. Jangan lupa tentukan minat teman-teman anda, ada yang suka nonton di bioskop, ada yg suka hiking, ada yg suka berjemur di pantai ataupun sekedar nongkrong di cafe. Pastikan anda bisa memilih tman yang tepat di acara yang tepat. Gak seru kan, saat teman anda yg hobi shopping anda ajak hiking dan banyak mengeluh? Pastikan semuanya Tepat di saat yg tepat.

4. Terkadang anda memiliki keterbatasan, semisal anda ingin jalan-jalan namun transportasinya tidak cukup. Anda hanya bisa mengajak tman-teman anda di ring 1 saja. Bagaimana pemecahannya?
Beritahukan teman-teman anda di ring lainnya, bahwa anda akan pergi kemana, dan anda mengutarakan anda ingin mengajak mereka, namun memiliki keterbatasan dalam hal apa dan apa.
Nah, dari situ, kalian akan tahu, teman yang memang berniat ingin ikut dengan anda, adalah teman yang akan mencari solusinya, misal mencarikan mobil lagi, mencarikan sopir, dsb.nya.
Enak kan bisa rame-rame?

5. Terus bagaimana dengan teman PHP yg selalu pengen minta diajak, namun setiap kali diajak, jarang merespon ataupun sering menolak ajakan?
Yang paling penting sih “sudah mengajak”. Setelah anda sudah mengajak, namun dia tidak bisa, dia takkan mempermasalahkan keberangkatan kita di kemudian hari kan? :3