Tags

, , ,

Pernah terjadi dalam pengalaman anda?
Semisal anda ingin berkunjung ke suatu destinasi, yg menurut beberapa review dri blogger, destinasi ini bagus, menajubkan, awesome dsb.nya
Ternyata saat anda sudah susah-susah menyibak hutan belantara, mendaki gunung, lewati lembah (hahaha..) ternyata.. Aah.. Destinasinya gini2 aja..
Oor..
Ketika anda bercerita ingin berkunjung ke suatu destinasi, pada orang terdekat anda yg pernah lebih dahulu ke sana, orang-orang terdekat anda akan merekomendasikan untuk pindah destinasi or tidak mengunjungi destinasi tsb. Dengan berbagai alasan, dari medannya berat, destinasinya jelek, cuacanya lagi kurang mendukung, dsb.nya?
Namun anda merasa penasaran dan tetap berkunjung ke destinasi tsb dan ternyata… Ya memang jelek. (hahaha)

Banyak sekali hal yang menjadi pertimbangan kita memilih destinasi, baik dari segi harga, jarak, suasana, fasilitas maupun panorama yang ditawarkan. Ada baiknya sebekum menentukan, simak hal-hal sebagai berikut :

1. Tentukan anda tipe traveler yang seperti apa
Tipe traveler tentu menentukan destinasi apa yg cocok untuknya. Tidak semua traveler mau mengunjungi setiap tempat, rata-rata mereka punya kecenderungan untuk menyukai beberapa tipe dari wisata. Nah pastikan anda interest terhadap destinasi anda, karena jika anda traveler yg suka sekali dengan pantai, namun anda memilih wisata di goa, tentunya akan mengurangi minat anda bukan??

2. Cari tahu sebanyak mungkin
Area informasi sekarang sangatlah luas. Paling mudah carilah informasi pada kerabat ataupun teman terdekat anda, yang pernah mengunjungi tempat tsb. Rata-rata mereka lebih objektif, juga anda bisa menanyakan hal-hal detil, seperti bagaimana toilet,mushollanya, jg tempat pemberhentian untuk sekedar makan. Jika tidak ada, maka pastikan semua itu bisa anda dapatkan dari browsing antar travelling blogger. Rata-rata mereka juga objektif mengemukakan fakta di lapangan, plus tips triknya juga aware atas scamming yg mungkin terdapat pada destinasi tsb.

3. Perhatikan spot foto menarik
Terkadang ada pula, destinasi tidak menarik, namun memiliki beberapa spot foto menarik. Anda bisa men-searchnya di google ataupun instagram. Carilah berbagai foto narsis dan foto scenery destinasi tsb. Pastikan anda tahu dimana anda harus berfoto, agar hunting foto anda tidak sia-sia.

4. Siapkan perjalanan anda
Tetap keukeuh ingin mengunjungi destinasi tsb? Tak masalah, hal itu bisa diatasi dengan perjalanan yg menyenangkan. Terkadang tak butuh destinasi menyenangkan, yg kita butuhkan tak lebih dari perjalanan yg nyaman dan menyenangkan. Pilihlah alat transportasi yg aman dan nyamanm siapkan perbekalan plus tentukan teman perjalanan.karena teman perjalanan akan menentukan mood anda selama perjalanan.

5. Persiapkan kemungkinan terburuk
Seburuk-buruknya destinasi, pasti masih ada hal lain. Cari tahu juga destinasi yang berada dekat dengannya. Karena rata-rata destinasi jelek, memiliki destinasi cantik di sebelahnya. Dan juga perhatikan beberapa point, seperti tempat oleh-oleh atau kerajinan yg terletak di daerah tsb. Tonjolkan saja hal lain yg anda temukan di perjalanan. Karena dalam suatu perjalanan, takkan hanya ada satu destinasi, pasti ada yg lain dalam sekali jalan.

Kunci utamanya Learning by doing. Menurut saya, destinasi apapun itu, wajib dikunjungi terutama sebagai reporter travelling.hahaha
Namun jika waktu anda terbatas dan anda tak mau kecewa, pastikan hanya destinasi-destinasi yg recommended lah yg anda kunjungi agar anda tak kehilangan banyak waktu. Lets travelling!