Tags

, , ,

Kami menemukan sebuah tempat unik di pesisir pantura Madura. Ya unik sekali. Bukit beserta rumputnya yang hijau plus gua bawah tanahnya yang bestruktur. Kagum bin heran kami dibuatnya. Sungguh landscape cantik yang disajikan oleh Tanah Sampang.

image

Bukitnya cukup tinggi dan kokoh dipadu hamparan rumput nan menghijau plus deburan ombak di depannya. Sungguh memanipulasi mata, seakan kami sedang berada di Belitong dan menyaksikan film Laskar Pelangi.

image

Namun yang bikin kami takjub plus heran adalah terdapatnya semacam goa bawah tanah yang batunya berstruktur seperti undak-undakan bawah tanah yang seperti berfungsi semacam penggalian candi. Kami tidak tahu nama daerah temuan kami ini. Bahkan kami pun menamainya dengan nama “Kerajaan Jin”

image

Hahaha.. Iya kerajaan jin, karena selain tempat ini indah juga cukup misterius. Seperti ada sesuatu dari alam lain. Hihihiiiii…
Terutama dari goa bawah tanahnya :9
Hahaha. Ah lupakanlah khayalan kami, yang pasti hampir setengah jam lebih kami mengabadikan keindahan alam dan keceriaan kami disini.

image

Dan karena rasa penasaran kami, akhirnya kami searching kebenaran tempat ini. Ternyata tmpat ini juga merupakan jujukan wisata. Lebih tepatnya namanya Wisata Gua Lebar – Sampang
image

Wisata Gua Lebar (Hutan di Atas Batu) – Sampang, Madura

Cerita Singkat Tentang Gua ini ^^
Konon pada zaman purbakala dulu gua ini digunakan sebagai tempat bertapa dan menyepi para penganut Paganisme / penyembah Dewa-Dewa masa kuno jauh sebelum Islam masuk di Sampang, masyarakat sekitar hingga sekarang masih meayakini jika di dalam gua masih ada perlengkapan untuk pemujaan yang berupa patung-patung dan artefak lainnya, namun sekarang jalan masuknya sudak tertutup batu-batu dan proses- proses alam lainnya. Gua ini memiliki Diameter kurang lebih 200 m dan kedalaman hingga 300 m. Akses menuju Gua Lebar sebenarnya sangat mudah, karena berada ditengah-tengah kota, terletak di Jl. Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kec. Sampang Kota,terserah pahlawan gang manapun karena disana ada VIII gang.

image

Sayangnya, karena kondisinya tidak menarik sehingga tempat tersebut jarang dikunjungi wisatawan setempat terlebih lagi dari luar Sampang.Selain kondisi gua yang sangat memprihatinkan, karena rawan longsor, sehingga dapat membahayakan para pengunjung yang ingin masuk kedalam gua yang mirip tangkupan perahu di Jawa Barat itu. Diperparah dengan tanahnya yang tandus jarang ditumbuhi pepohonan yang rindang. Membuat para wisatawan enggan berlama-lama menikmati pemandangan Kota Sampang dari atas bukti tersebut.

image

Bupati Sampang, Noer Tjahja, yang sudah cukup akrab dengan lingkungan sekitar gua, karena sejak kecil menjadi tempat dia bermain, mencoba menata kembali potensi wisata itu dengan membangun berbagai sarana dan infrastruktur untuk menarik minat wisatawan berkunjung, dan bekerja sama dengan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Sampang, Drs Adji Waluyo, dan ternyata beliau langsung merespon niat bupati tersebut. Dia mengembangkan konsep hutan di atas batu dengan melakukan penanaman pohon peneduh, diantaranya pohon Sono Kembang, Tanjung, Beringin, Cemara Udang maupun Palem Botol, selain berfungsi menahan longsor dan menjadi resapan air. Penanaman pohon tersebut juga berfungsi untuk mempercantik disekitar lokasi gua agar terlihat rindang dan asri. Bahkan kita telah membangun sebuah gazebo lengkap dengan tamannya untuk mempercantik lokasi tersebut, serta membuat jogging track supaya para wisatawan menjadi betah menikmati panorama alam perbukitan itu.

image

image

Cantik bukan pemandangannya?😀