Kali ini saya akan berbagi, pengalaman umroh saya selama 9 hari, salah satunya berada di Masjid Nabawi.
Masjid yang megah ini memiliki kekhasan yaitu kubah hijaunya yang banyak dan arsitektur payungnya menutupi teras masjid yang cukup megah.

image

Jamaah sangat banyak yang berziarah ke Masjid ini. Terutama berasal dari Pakistan, Turki, Malaysia, bahkan Arab sendiri. Pada bulan Februari, Madinah suasananya cukup sejuk dan dingin. Sehingga suasananya cukup nyaman untuk beribadah.

image

Masjid ini memiliki pintu yang terpisah antara jamaah pria dan wanita. Di dalam masjid ini pun juga memiliki peraturan untuk tidak mengabadikan/memotret masjid ini dg kamera. Mereka memiliki askar, yakni petugas yang mengurusi ketertiban dan keamanan para jamaah.
Namun entah mengapa, pada saat rombongan kami masuk, kami tidak diperiksa. Hehehe..

Keistimewaan masjid ini memiliki Roudloh/ taman surga. Tempat yang dipercaya memiliki kemustajaban saat kita memanjatkan doa. Tempat di masjid tersebut yang terletak diantara mimbar dan makam Rasululloh itulah yg bernama Roudloh.
Roudloh memiliki ciri khas yakni karpetnya berwarna hijau, selain antrenya cukup lama, Roudloh dibuka hanya jam-jam tertentu untuk yang wanita, namun dibuka 24 jam untuk pria😦
Uniknya, di Roudloh hanya diperbolehkan shalat sunat 2 rakaat dan waktu berdoanya bukan pada saat selesai sholat namun saat sujud terakhir. Mengapa? Karena setelah selesai shalat kita akan diusir oleh askar, agar jamaah yg lain mendapatkan kesempatan pula.

image

Selain itu dalam kompleks masjid ini kita bisa menemukan makam Rasululloh dan makam sahabat yakni makam Abu Bakar dan Ali bin Abu Tholib. Kompleks makam ini pun dijaga oleh askar, dan kita tidak boleh jalan atau berhenti terlalu lama di depan makam tsb.

Selain itu disekitar Masjid Nabawi banyak sekali yg berjualan, baik jualan siwak, pakaian dalam, hijab, kopiah, sajadah, makanan, buah-buahan, kurma, dsbnya. Bahkan masjid Nabawi dikelilingi oleh hotel-hotel mewah yang gedungnya menjulang tinggi.

Demikian liputan saya selama berada di Masjid Nabawi, suasananya adem dan nyaman. Memang seperti berada di Taman surga😀
Semoga selalu ada kesempatan untuk bisa pergi ke sana lagi :))

image