Tags

, , , , , ,

Adam dan Hawa turun ke muka bumi, berada di dua tempat yang berbeda, Adam diturunkan di India dan Hawa diturunkan di Jeddah. Mereka terpisah selama (sampai saat ini tidak ada penjelasan otentik, ada yg berpendapat 40 tahun, 100 tahun bahkan 300 tahun). Hingga akhirnya mereka bertemu di suatu tempat, yakni Jabal Rahmah yang terletak di Padang Arafah di kota Mekkah.

image

Banyak sekali orang yang berusaha menaiki puncak gunung ini, yang terdapat monumen di atasnya. Karena diyakini, jika berdoa di puncak gunung ini untuk meminta jodoh niscaya dikabulkan (meski sampai sekarang saya belum pernah membaca hadits / tuntunan seperti itu).
Dan uniknya, tempat ini memiliki banyak coretan nama-nama Indonesia, rata-rata nama pasangan mereka diukir oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Ya semacam tulisan ABG yang diukir dengan pahatan cinta yang berisi 2 nama orang. Hehehe

image

Coba zoom foto saya ini. Pastikan banyak sekali, nama-nama indonesia yang diukir dalam batu ini. Selain mengukir nama, kadang ada juga jamaah yang menyimpan foto pasangan dan ditanam di sekitar Jabal Rahmah.
Dan memang doa minta jodoh, sangat familiar sekali jika berkunjung ke tempat ini, termasuk saya. Hahahaha..
Di tempat ini, banyak sekali jasa foto sekali jadi ataupun pedagang yang menawarkan macam-macam barang. Namun kata mutawif saya, di tempat ini harus berhati-hati, karena katanya rawan penipuan dan harganya cenderung mahal. Menurut kata mutawif, saya dan rombongan tidak membeli apa-apa dan sekedar berfoto dengan kamera pribadi.

image