Tags

, ,

  Anda berlibur di Kediri? Ingin menikmati suasana gemericik air untuk menghilangkan kepenatan? Air terjun Irenggolo lah jawabannya. Air terjun ini merupakan obyek wisata di Kabupaten Kediri yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, air terjun ini dikenal memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat menawan. Air terjun ini berada di ketinggian 1200 di atas permukaan laut di gugusan lereng Gunung Wilis (1950 m).  Hijau daun dan warna-warni bunga menghiasi sepanjang jalan di lokasi kawasan wisata ini sampai dengan lokasi air terjun. Tumpahan airnya sekitar 80 meter dengan bentuk trap-trap mini dan pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius menambah suasana yang alami dan menenangkan jiwa.

image

Bila para wisatawan berkunjung ke kawasan wisata air terjun Irenggolo tepat pada waktunya, bisa menyaksikan penyelenggaraan  kesenian adat tradisi upacara ritual. Masyarakat Besuki selalu mengadakan kegiatan Nyadran setiap ada hajatan maupun setiap bulan Suro pananggalan jawa. Dengan harapan mendapat perlindungan serta ucapan terima kasih atas limpahan rizki pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa. Disamping untuk ngaweruhi penghuni/penguasa Pegunungan Wilis serta untuk mengenang Iro Manggolo sebagai pendahulu/cikal bakal desa tersebut. Disamping itu juga tetap dilestarikan upacara adat daerah masyarakat yaitu “Sesaji Tirto Husodo”. Upacara Adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo dan berlokasi di air terjun Irenggolo. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Bulan Sura pada kalender penanggalan Jawa ini dilaksanakan untuk mengenang tokoh cikal bakal desa setempat yaitu Resi Wasis Curigonoto dan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

image

Air terjun ini berjarak + 28 km ke arah barat daya dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Akses menuju air terjun ini relatif mudah dengan kondisi jalan yang cukup baik dan dapat ditempuh dengan segala macam kendaraan hingga di kawasan wisata air terjun tersebut.
Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa charter ojek atau angkutan pedesaan. Dari area pintu gerbang masuk perjalanan dilanjutkan sekitar 200 m menuju area parkir kendaraan.  Dan akhirnya dari area parkir diteruskan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun tersebut berada.

image

Tiket masuknya pun cukup terjangkau. Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang.  Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua. Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musholla.  Bahkan disini tersedia area untuk berkemah. Hanya saja, di kawasan objek wisata tersebut belum dibangun penginapan. Sehingga jika ingin bermalam harus ke kota Kediri.