Tags

, ,

Sembari berpuasa di Surabaya yang terkenal panas, tidak ada salahnya untuk mengikuti Ngabuburit Track dulu. Dimana? Di House Of Sampoerna x3
Tempat wisata ini terkenal suka memberikan wisata naik bis keliling objek wisata Surabaya secara gratis. Yah GRATIS? Asyik banged kan.
Alhasil, hasil mengumpulkan teman- teman kampus, trkumpulah 6 orang. Aku, Lana, Anas, Galan, Oriq dan Teguh.
Sebelumnya aku memesan tempat untuk naik bis tersebut. Perjalanan dimulai dari jam 15.00-16.30. Dan kami diharuskan datang pukul 14.30. Jadi, kami janjian semenjak jam 14.00 dan mengendarai sepeda motor.
HOUSE OF SAMPOERNA terletak di daerah Kota Tua Surabaya. Ia memiliki misi untuk melestarikan heritage kota Surabaya.

image

Di depan bis berlatar belakang sparkling surabaya

image

Dari ki ke ka : Galan, Teguh dan Anas

image

Lana berpose di depan Bus SHT

image

Teguh dan oriq

Nah, sesampai disana tak lupa berfoto-foto, kita diberi tanda pengenal sebagai Tracker, peta wisata dan angket perjalanan.

image

Peta Surabay Heritage Track

image

I am a tracker

image

Anas dan Galan

Selama di Bus, kita didongengii oleh pemandu wisata, dan kita disebut sebagai TRACKER. Tujuan kita adalah masjid Ampel.
Selama perjalanan, kita diajak melihat sekeliling kota tua, rasanya kayak wisata di kota mana gitu, padahal masih di Surabaya. Hahaha..

Setelah sampai di Ampel, kita segera sholat Ashar, dan melihat-lihat makam. Ada makam sunan ampel, murid murid sunan Ampel dan pahlawan KH.Mas Mansyur. Hampir sekeliling masjid dipenuhi oleh makam dan peziarah. Namun yang sangat disayangkan terkadang peziarah, banyak meminta berkah kepada orang yg sudah meninggal. Nah ini merupakan budaya yang kurang tepat, karena itu hampir di setiap makam diberi tulisan yang intinya *Meminta sesuatu hanya kepada Allah SWT*.
Yang unik, pada makam tersebut ada makan Mbah Bolong, yang bisa hidup mati sebanyak 9 kali, hingga makamnya ada 9. WAW! Itulah keunikan dari makam di Masjid Ampel.

Ketika pulang tak lupa membeli roti maryam dan martabak untk berbuka. Setelah diantarkan kembali naik bis, kembalilah kami ke House of Sampoerna. Tak lupa kami bermain-main di museum rokok ini.
Yah meskipun kami sebagai medical student, tau bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Namun banyak aspek yang perlu dipikirkan, bahwa pada rokok tergantung kehidupan ribuan buruh disana. Ah ironis sekali.
Okelah inilah foto foto kami selama di HOS

image

image

image

Ok, inilah perjalanan kami selama mengikuti Ngabuburit Track. Jangan lupa kesini ya kalau berwisata ke Surabaya :3